Jumat, 30 September 2011

CATATAN KECIL

                  Dalam bulan September ini, sudah ada beberapa postingan sih, tapi masih ingin buat share. Lebih banyak share soal komputer nih, tapi maaf kalau nanti ada salah sebut nama program, maklum saya kan bukan spesialisasi komputer.Langsung saja ya...are you ready.....?
                Cerita komputer pertama. Awal masuk kantor setelah libur lebaran langsung dihadapkan pada pekerjaan yang tertunda dan deadline. Sebenarnya bukan bagian saya, ini adalah bagian jengk Anggun karena terkait dengan SID (Sistem Informasi Debitur) versi 6, karena waktu pelatihan saya ikut nah sekarang diminta pertanggung jawabannya. Padahal kan pelatihannya sudah lama, kalau tidak salah pertengahan bulan Maret 2011, sudah hampir satu semester kan. Manusia adalah tempatnya lupa (emm ngeles nih critanya), jadi kami mohon maaf ya...Bue, kalau kami selalu punya  bermiliar alasan untuk memulai mencoba SID versi 6.
                Pada saat selesai pelatihan kami sudah mencobanya, dengan menggunakan PC berbeda,cuma karena masih sering dipakai bergantian sama AO makanya tidak dilanjutkan, apalagi pengiriman laporannya masih menggunakan versi lama. Yo....wes... makin tidak diurus saja PC yang sudah terinstall data base SID versi 6 nya. Akibatnya adalah fatal sekali, PC tersebut kena virus, nah loh....padahal deadlinenya adalah tanggal 19 September 2011, bulan data Agustus 2011 harus terkirim menggunakan versi 6. Ba..gus...tidak ada cara lain selain diformat ulang itu PC berpenyakit dan akibatnya adalah semua data hilang terutama yang ada di C. Tambah bagus lagi nih.
Komputer sudah selesai diinstall ulang. Berari harus set up ulang databasenya menggunakan SQL Server 2005, memang ada buku panduan untuk langkah-langkahnya Cuma karena pelatihannya sudah lama jadi binggung dan lupa. Karena ada beberapa bagian yang missing jadi set up databasenya tidak sempurna. Lihat di FAQ nya harus uninstall dulu terus diinstall lagi, nah itu kami lakukan selama hampir seharian. Pasti pada mikirkan?Kan ada orang IT nya? Nah jawabannya adalah tidak ada orang IT disini. Kalau orang IT yang terkait dengan program di kantor sih ada tapi domisili dan menetap di Malang.Sampai akhirnya kita memutuskan untuk tetap melanjutkan proses install SQL Server 2005 meski ada yang missing. Kalau tidak salah namanya adalah SQL Server Management Studio Express (ada yang kenal kah?). Alhamdulillah (bukan bermaksud mengikuti trend seperti salah satu artis penyanyi itu lho) ternyata bisa sukses sampai dengan set up data base SIDnya. Dan data SID versi 6 nya terkirim tanggal 17 September 2011.
                Cerita komputer kedua adalah soal e-mail. Bue minta tolong buat mencarikan data mahasiswanya yang dikirim tahun 2010, dikasihlah kita e-mail pribadi Bue beserta passwordnya. Begitu berhasil dibuka disitu tersimpan 2600 an yang rata-rata adalah dari FB. Emmmm, sudah terbayangkan?apalagi sinyal dikosan putus sambung, lengkap sudah. Dicari dari Januari-Desember 2010 nama mahasiswa yang dimaksud Bue tidak terdaftar. Ya.... sudah tinggal bilang sama Bue kalau  e-mail yang dimaksud tidak ada, toh kita sudah berusaha setengah tenaga (karena sudah malam dan ngantuk) buat mencarinya.
                Cerita komputer ketiga. Kali ini menimpa PC yang biasa saya pakai sehari-hari yang bermasalah. Maksud hati jengk Anggun sih diinstall Open Office agar ada backup kalau mungkin PCnya dia lagi ada masalah,karena terkait dengan SPK (Surat Perjanjian Kredit) yang sudah ngelink dengan sistem internal BPR. Sudah berhasil diinstall, tapi begitu coba untuk diprint ternyata semua laporan yang ada di sistem tidak bisa.....tapi coba buat print  yang diluar sistem bisa. Nah loh apa lagi nih, emmm jangan-jangan virus dan setelah menceritakan semua sama Mas Aris lewat telepon, dengan ringannya dia menjawab “Ya, harus diinstall ulang,Mbak” karena Mas Aris cukup memahami keadaan kita, dia memberi solusi yang melegakan yaitu, coba install ulang Mozilla Firefox dan Adobe Readernya. Alhamdulillah (sekali lagi ini beneran bersyukurnya lho!!!!) sukses tanpa harus install ulang.
                Sekarang beralih ke flash disk. Untuk kali kedua flash disk saya terkena virus setelah melakukan pelaporan pajak di KPP Madya Sidoarjo yang ada di Juanda. Virus yang kali ini dahsyat buanget, seluruh data yang ada didalamnya tidak bisa dibuka, terutama yang berbentuk folder.    (ada yang kenal nama virusnya ta?) Untungnya masih ada back up nya, jadi masih terselamatkan. Dan ternyata virusnya sudah menempel di PC, alhasil fash disk yang lain ikut tertular. Coba..... virusya yang lain, emmmmm boleh tuh.
Demikianlah cerita komputer ini terjadi, diperankan sangat apik kan?duet maut saya sama jengk Anggun.
                Nambah sedikit nih soal SID (Sistem Informasi Debitur). Bue minta saya untuk membuat Pedoman Pelaksanaan SID. Padahal buku pedoman yang dari BI sudah ada dan tebal-tebal banget, tapi Bue minta yang made in BPR. Karena pusing adalah bagian dari ilmu, maka saya minta doa restunya agar bisa terselesaikan. Aniwey, saya cari dosen pembimbingnya dimana ya?

Yoenie say : Masih menjadi September Ceria,dan menjadi Indah di 255.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar